Monday, June 13, 2011

Life or Death Situation Under The Sea in "Sanctum"


Film ini layak diacungi jempol dari banyak aspek...  
Dari mata penonton, film ini berhasil membawa kita terlibat dalam dunia para penyelam, seperti berada dalam dunia tiga dimensi bawah laut.  

Secara menarik, sinematografi menampilkan air, air, dan air.. Namun demikian, tidak menjadikan film ini kehilangan warna.  Spesial efek dan penyutradaraan terbilang berhasil memberikan efek nyata di mata penonton.  

Belum lagi dari sisi cerita yang mengetengahkan kekeluargaan dan keberanian, sehingga memiliki nilai edukasi.  Tidak heran, Sanctum berhasil meraih sekitar USD 9,4 juta di minggu pertama penayangannya, dan menjadikannya masuk 10 besar film Australia yang menjadi box office internasional (per Februari 2011, imdb.com).

(source: internet)

Film bercerita mengenai kisah sekelompok penyelam bawah laut yang menjadikan eksplorasi gua bawah laut sebagai tantangan.  Keindahan gua bawah laut yang ditemukan membuat para petualang itu bergairah untuk menelusuri.  Tanpa terduga, hujan badai mendera area eksplorasi.  Pintu keluar terblokir, mereka pun terperangkap, dan harus mencari jalan keluar lain.  Keindahan bawah laut pun memakan korban, satu persatu para penyelam harus dihadapkan pada kenyataan untuk mempertahankan nyawanya masing-masing...

(source: internet)

(source: internet)
Sanctum merupakan film produksi Australia tahun 2011, disutradarai oleh Alister Grierson, dengan produser James Cameron.  Aktor/aktris asal Australia yang tidak asing lagi seperti Richard Roxburgh yang memerankan Frank McGuire, dan Rhys Wakefield pemeran Josh McGuire.

(source: internet)
Roxburgh terbilang aktor kawakan asal Negeri Kanguru.  Pemenang penghargaan AFI Award yang telah membintangi banyak film Australia dan pernah berperan dalam film produksi Hollywood, salah satunya Mission Impossible II (tahun 2000) sebagai Hugh Stamp.  Selain itu, film Moulin Rouge (tahun 2001) sebagai The Duke, dan berhasil dinominasikan dalam Screen Actors Guild Awards untuk kategori "Outstanding Performance by the Cast of a Theatrical Motion Picture", juga dinominasikan dalam Australian Film Institute sebagai "Best Actor in a Supporting Role".  Rhys Wakefield jadi bintang muda asal Australia yang dikenal dalam perannya sebagai Lucas Holden di serial TV "Home and Away".

(source: internet)
(source: internet)


Pemeran lainnya: Ioan Gruffudd (Carl Hurley), Alice Parkinson (Victoria),  Daniel Wyllie (George), Christopher Baker (JD), Nicole Downs (Liz), Alison Cratchley (Judes), Cramer Cain (Luko), Andrew Hansen (Dex), dan John Garvin (Jim Sergeant).

Film ini terinspirasi pengalaman sang penulis, Andrew Wight, yang hampir saja kehilangan nyawa saat melakukan ekspedisi penyelaman menuju gua bawah laut, dan berusaha menemukan jalan keluar setelah adanya badai yang menutup jalur masuk.  Shooting film dilakukan di Gold Coast, Queensland, Australia.




Sanctum (2011)
Directed by Alister Grierson Produced by Ben Browning, Leesa Kahn, Ryan Kavanaugh, Michael Maher, Brett Popplewell, Peter Rawlinson, Aaron Ryder, Andrew Wight Written by John Garvin, Andrew Wight (screenplay), Andrew Wight (story) Starring Richard Roxburgh, Rhys Wakefield, Alice Parkinson, Daniel Wyllie, Ioan Gruffudd, Christopher Baker, Nicole Downs, Allison Cratchley, Cramer Cain, Andrew Hansen, John Garvin Music by David Hirschfelder Cinematography Jules O’Loughlin Editing by Mark Warner Studio Relativity Media/Wayfare Entertainment Distributed by Universal Pictures Running time 109 minutes Country AustraliaLanguage English. ---


 


No comments:

Post a Comment